Selasa, 20 Desember 2011

Apa sih PATRIOT itu??

PATRIOT


Disini saya akan berbagi pengalaman saya dalam waktu mengikuti Pra TD. Tema Pra TD kali ini yaitu Patriot. Sebelum panjang lebar menjelaskan apa sih patriot itu, saya akan menjelaskan kepanjangan dai patrio terlebih dahulu. Patriot yaitu Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis, Visioner, dan Tanggungjawab. Jadi kita sebagai mahasiswa baru dituntut untuk mampu mengamalkan seluruh sifat dari patriot tersebut. Dan disinilah tempat kita membangun jiwa patriot kita, yaitu LKMM pra TD.

Mungkin kita sebagai mahasiswa masih belum mengerti arti penting dari patriot itu sendiri. Dan Sekarang saya akan sedikit menceritakan pandangan dan pendapat saya mengenai apa sih jiwa patriot itu. Jika dilihat dari kepanjangan dari patriot sendiri, semua sifat yang ada dalam seluruh mahasiswa Indonesia wajib memiliki jiwa patriot. Supaya lebih enak saya akan menjelaskannya satu persatu.

Yang pertama adalah Prestatif. Prestatif sendiri mempunyai arti yaitu berprestasi. Jadi tugas mahasiswa sendiri yang pertama wajib berprestasi. Kita dituntut untuk senantiasa berprestasi dalam kondisi apapun. Tapi disini saya akan lebih mengembangkan arti berprestasi itu sendiri. Prestasi tidak hanya melulu dibidang pelajaran atau akademik saja. Bisa dengan softkill kita, yaitu organisasi, ukm, olahraga dan lain-lain. Jadi jika kita memiliki kemauan dan niat, kita pasti jadi mahasiswa berprestasi. Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini.

Yang kedua adalah aktif. Kata aktif sendiri dapat diartikan ikut berperan dan senantiasa dalam kondisi atau permasalahan apapun. Jadi mahasiswa juga mempunyai kewajiban untuk selalu berpeara aktif jika terjadi permalahan yang timbul. Tidak perlu jauh – jauh melihat masalah di negara ini. Untuk dapat mengetahui mahasiswa tersebut aktif atau tidak, kita dapat melihatnya apakah dia merespon jika terjadi permasalahan yang timbul di lingkungan sekitar mereka. Sebagai contoh dapat kita ambil permasalahan dilingkungan sekitar belajar ITS. Yaitu gebang, keputih, dan mulyosari. Bagaimanakah tingkat ekonomi penduduk didaerah tempat kita belajar? Apakah sudah layak atau belum? Jika belum layak, ini adalah salah satu cara untuk menunjukkan apakah kita  mahasiswa atau bukan. Kita dapat disebut mahasiswa yang aktif jika kita telah menampung seluruh aspirasi mereka dan senantiasa memberikan pertolongan dari kita saat mereka tertimpa masalah. Kita melakukan hal ini harus dengan tulus ikhlas dan tanpa imbalan apapun. Karena semua fasilitas yang kita nikmati di kampus kita tercinta ini adalah sumbangan dari penduduk – penduduk yang ada disekitar kita. Alangkah baiknya jika kita membantu mereka saat kesusahan. Karena didalam pundak kita terdapat beban tanggung jawab dan harapan yang besar dari masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik.

Dan yang ketiga adalah tanggap. Seperti yang saya ceritakan diatas, kita harus senantiasa tanggap dalam kondisi apapun. Mereka tidak butuh celotehan- celotehan dari kita tentang ini da ittu. Yang mereka butuhkan adalah bukti kongkrit dan tindakan kita dari mahasiswa ITS untuk bisa mengubah hidup mereka menjadi yang lebih dari sebelumnya.Tindakan nyata tersebut bisa berupa turun langsung kedalam elemen masyarakat untuk menampung aspirasi dari mereka. Tidak hanya menampung saja, setelah semua permasalahan telah kita dapatkan kita tidak boleh hanya berdiam diri saja. Kita juga harus mempu menemukan – menemukan solusi yang cocok untuk kehidupan mereka.

Yang keempat, kita sebagai mahasiswa juga dituntu untuk selalu kritis jika menemukan hal – hal yang tidak sesuai dengan pemikiran itu.

Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu visioner. Setiap mahasiswa harus mampu memiliki visi yang tinggi dan mampu untuk melakukannya. Tidak hanya diucapkan kedalam mulut saja. Bisa saya contohkan misalnya saya mempunyai cita – cita atau impian untuk membawa Indonesia menjadi negara no.1 yang ada dilam dunia ini. Dan untuk mewujudkan, tindakan apakah yang saya lakukan? Begitulah ciri – ciri mahasiswa visioner. Jadi mereka bermimpi setinggi – tingginya, kemudian mereka berpikir tindakan nyata apa yang akan mereka lakukan untuk mencapai dan mewujudkan impian – impian mereka.

Dan sampailah  kita dalam sifat yang terakhir, yaitu tanggung jawab. Kita sekarang sudah menjadi mahasiswa, bukan siswa lagi. Jadi kita harus mampu berpikir dewasa dan jernih. Sebelum melakukan sesuatu apapun, kita harus senatiasa berpikir resiko apa yang akan terjadi jika kita melakukan hal tersebut. Tidak hanya resiko dalam jangka pendek saja. Resiko dalam jangka panjangpun juga turut diperhatikan. Kita sekarang sudah mahasiwa, jadi jika kita teledor dan ceroboh dalam mengambil sebuah keputusan, kita jugalah yang harus bertanggung jawab. Kita tidak boleh lari dari masalah, karena masalah yang ada harus cepat diselesaikan agar masalah lain yang timbul tidak semakin banyak. Pada intinya kita sebagai mahasiswa harus bisa mengerti dan senantiasa mengamalkan arti kata patriot dalam kehidupan kita sehari – hari. Karena manfaat yang kita dapat sungguh banyak. Tidak hanya untuk mengabdi kepada negara saja. Jika kita telah mampu mengamalkan sifat patriot, berarti kita juga telah mampu mempermahal diri kita. Maksudnya kita sudah menjadi pribadi yang lebih baik dan menambah nilai kita dimata orang lain. Ibaratnya sebuah barang, jika sudah dilapisi dengan emas maka barang itu bertambah nilainya. Begitu juga dengan kita, jika kita telah dilapisi dengan sifat patriot, berarti kita menjadi pribadi yang selangkah lebih maju daripada oranglain. Sebagai penutup, jika kita generasi penerus bangsa telah memiliki jiwa patriot yang tinggi, bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan menjadi negara no.1 didunia. MERDEKA !!!



6 komentar:

akbarrv mengatakan...

prestatif, tanggap dan prestatif

yonditod mengatakan...

RT ataas gua

Rizal Aditya (Ableh) mengatakan...

RT atas gua juga,,

Divky SI ITS mengatakan...

@egik : gaya.mu gik..

Divky SI ITS mengatakan...

@yondi n able : RT juga ah.. lama" jadi twiter.. hhe

Nathanael Perdana Putra Hutabarat mengatakan...

Izin nyalin

Posting Komentar

 
;