Minggu, 04 Desember 2011

HEMAT DETERGEN --> Dapat MOBIL

             PENGEN DAPAT MOBIL.. SILAKAN DIBACA. !!!




          Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya sebagai anak kost. Tapi tidak secara lengkap lhaa, saya akan sedikit bercerita tentang cuci mencuci. Yak anak kos mau gak mau dan dituntut untuk dapat mencuci sendiri. Kecuali kalau banyak duit sih. Bisa laundry, tapi yah daripada laundry mendingan uangnya ditabung sedikit demi sedikit, kemudia beli mobil deh. Amin. Hhehe..
            Naa kalau mau lebih hemat lagi dan pengen cepat dapat mobil. Disini saya akan mengshare cara membuat sabun detergen sederhana. Lumayan laah bisa hemat uang laundry dan sabut. Ingatlah pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Hhoho
      Langsung saja deh biar gak lama-lama. Untuk membuat sabun diperlukan beberapa alat untuk supaya produksi bisa berjalan baik, alat yang diperlukan antara lain   :
1.       Panci plastik
2.       Panci email yg tak berkarat
3.       Drum plastik kalau ada
4.       Gelas ukur dan kompor
5.       Bila gelas ukuran tak ada bisa pakai literan minyak yang bersih
6.       Alat pengaduk kayu atau plastik
7.       Kompor atau tungku api untuk memasak
8.       Bubuk sabun putih 300 gram
9.       Bicarbonas natricus 200 gram
10.   Caustik –soda 10 gram
11.   Biboras tetricus 10 gram


Cara kerja     :
1.      Semua material ditumbuk halus lalu diayak
2.   Setelah halus semua berikan tambahan parfum untuk pewanginya. Lalu dicampur rata. Bila setelah diayak masih ada yang kasar, maka harus segera dihaluskan terlebih dahulu agar bisa menyatu dan diaduk rata.

3.      Semua bahan yang sudah halus dimasukkan dalam tempat yang telah disediakan dan dicampur. Cara mencampurkannya bisa dilihat dalam gambar dibawah ini

4.     Lalu jika sudah selesai di masukkan kantong plastik . Dan jika ingin memakai sabun detergen, hanya tinggal mengiris tepi pembungkusnya .

       Bagaimana?? Mudah sekali bukan. Silakan mencoba. Dan saya selalu mendo’akan anda bisa membuat modil sendiri dengan menghemat uang detergen. Amin..

2 komentar:

akbarrv mengatakan...

saatnya ngekos :D

Divky SI ITS mengatakan...

ndang wess.. daripada PP waru.?

Posting Komentar

 
;