Rabu, 21 Desember 2011

PUBLIC SPEAKING itu MUDAH !!!!

KOK BISA ??___??




            Seperti kita ketahui Public Speaking atau berbicara didepan umum sekarang perlahan-lahan sudah menjadi tradisi di kehidupan kita. Mulai dari bangku sekolah dasar, smp, sma, perkuliahan, hingga di tingkat pekerjaanpun kita dituntut untuk bisa berbicara didepan umum. Naa jadi sekarang intinya, sudahkah anda mempunyai kepercayaan diri dan mampu untuk berbicara didepan umum. Ini tips dan triknya !!! Selamat membaca.

            Public speaking sebenernya mempunyai arti yang luas. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menuntut kita harus mampu berbicara didepan umum. Untuk mudahnya, kita ambil salah satu contoh kegiatan dari public speaking saja. Yaitu, Presentasi. Kenapa harus presentasi? Karena kegiatan inilah yang paling sering kita lakukan dalam penerapan public speaking.

            Langsung saja, arti dari presentasi sendiri adalah sebuah cara hidup (way of life). Karena kita perlu mengenali diri dan batasan-batasan kita. Apa maksudnya? Begini lah artinya, presentasi sekarang sudah menjadi kegiatan wajib kita di kehidupan kita. Kalau kita tidak mau berusaha untuk bisa berpresentasi dengan baik. Tamatlah hidup kita. Seluruh impian dan cita-cita kamu praktis akan berhenti dan hanya akan menjadi sampah di kepala kamu saja.
           
            Dan dalam berpresentasi kita tidak perlu menjadi orang lain. Jadilah diri kamu sendiri, gunakanlah gaya kamu dalam kehidupan sehari-hari. Karena presentasi akan lebih enjoy dan menyenangkan jika kamu bisa membawakannya dengan enjoy juga. Naa jika kamu meniru gaya orang lain. Enjoy kah diri kamu? Dan arti perlu mengenali diri dan batasan kita adalah janganlah sekali-kali berpresentasi mengenai materi yang engkau sama sekali tidak mengetahui. Itu sama artinya dengan bunuh diri. Jika kamu tidak seberapa paham dan audiens kamu lebih paham maka tamatlah riwayat kamu. Kamu akan di tertawai habis-habisan didepan umum.

            Perlu kita ketahui juga tentang tujuan kita presentasi. Sebenarnya ada banyak sekali tujuannya, tetapi disini saya ambil intinya saja. Tujuan dari presentasi adalah Edukasi, Informasi dan Persuasi ( mempengaruhi ). Jika dalam berpresentasi kalian tidak memiliki tiga tujuan diatas. Alangkah baiknya kalau kalian diam dan duduk dipojokan lorong sempit saja. Karena presentasi kalian akan menjadi tidak berguna.

            Arti dari ketiga tujuan itu sendiri adalah saat presentasi kita harus mampu berbicara didepan umum. Naa inilah point yang harus digaris bawahi, apa yang kita bicarakan tidak boleh hanya pembicaraan kosong yang tidak bermakna dan tidak bermanfaat bagi orang banyak. Setiap apa yang kita bicarakan harus mempunyai unsur edukasinya. Maksudnya jika orang lain mendengar apa yang kita bicarakan, mereka juga akan mendapatkan tambahan ilmu. Dan selain itu saat presentasi juga harus mengandung informasi-informasi penting yang wajib diketahui dari setiap pendengarnya. Dengan hal ini audiens akan lebih bisa menghargai presentasi anda. Selanjutnya adalah persuasi. Saat presentasi, otomatis kita harus bisa membawa audiens kita masuk kedalam presentasi kita. Di tingkat ini perlu kita terapkan konsep tata cara bagaimana cara mempengaruhi orang.

            Itulah sedikit artikel tentang apa sih public speaking itu? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Dan membuat anda lebih termotivasi lagi untuk mempelajari bagaimana tatacara presentasi yang baik dan benar. Untuk itu silakan anda membaca postingan saya sebelumnya bagaimana tatacara presentasi yang membuat audiens tidak hanya sekedar memperhatikan anda. Tetapi audiens anda akan terasa tercekam oleh presentasi anda. Silakan klik link ini untuk melihatnya. Sekian dan Terima Kasih.

4 komentar:

akbarrv mengatakan...

sangat memotivasi

Pikur mengatakan...

tetep susah kayaknya

Divky SI ITS mengatakan...

@egik : sipp gik

Divky SI ITS mengatakan...

@pikur : kasian..

@able : bener ble.. hhehe

Posting Komentar

 
;