Senin, 19 Desember 2011

Prensentasi yang MENCEKAM

Teknik Presentasi



            Kali ini saya akan coba mengshare bagaimana sih tatacara Presentasi yang baik dan benar. Bukan hanya menarik perhatian audiens, tetapi membuat audiens mencekam, merinding dan selalu fokus kepada anda.
        Langsung saja yah, tetapi  disini saya akan menjelaskan langsung kepada inti-intinya saja. Secara singkat, jelas dan padat. Selamat membaca.
              Yang pertama harus anda perhatikan dalam presentasi adalah pakaian anda. Dalam berpakaian anda harus sesuai dengan siapa anda berpresentasi. Sesuaikanlah dengan audiens anda biar terasa lebih akrab dan menarik peminat auidens.
            Selanjutnya yang tak kalah penting adalah Niat anda salam bepresentasi. Jika anda sudah merasa bete, suntuk dan tidak mud untuk berpresentasi, lebih baik urungkan niat anda. Karena anda akan terasa membosankan dimata audiens.
            Kemudian gaya anda dalam berpresentasi juga harus diperhatikan. Jangan sekali – kali membelakangi atau mengupingi audiens. Jika anda saja tidak memperhatikan audiens, maka audienspun juga tidak akan pernah memperhatikan anda. Jangan lupa untuk selalu kontak mata dengan audiens. Dengan hal ini si auidiens akan terasa lebih diperhatikan. Sikap dan body language anda juga perlu untuk diperhatikan. Kaki jangan suka bergerak geje sendiri. Pada intinya sikap anda harus yang enak dipandang oleh para audiens.
            Jika panggung anda sangat lebar, jangan hanya terpaku pada satu titik tempat saja. Karena akan membuat audiens yang berada dipinggir merasa dihiraukan. Manfaatkan lebar panggung yang ada. Dengan cara berjalan ke kanan dan ke kiri sambil melakukan kontak mata dan interaksi kepada audiens.
            Dan sekarang lanjut kepada pembukaan. Hal ini adalah moment terpenting saat anda presentasi. Karena jika pembukaan anda tidak mendapat respon positif dari audiens. Maka kacaulah presentasi anda hingga akhir nanti. Dan tipsnya adalah :
1.      Inilah yang palng penting, anda harus membuka presentasi itu dengan cara membuat audiens tertawa. Dengan tertawa, mud seseorang akan kembali meningkat. Bisa dengan cara saat perkenalan anda menyingkat nama anda sehingga terdengar singkatan yang lucu.
2.      Anda juga harus memancarkan aura positif, aura positif ini muncul jika anda mempunyai niat yang tulus. Kembali pada point diatas, jika anda mempunyai niat yang tulus untuk membahagiakan audiens. Merekapun juga pasti akan membahagiakan anda.
3.      Jangan lupa untuk selalu menebar senyuman kepada audiens, sebarkanlah senyuman anda yang paling indah.
4.      Kemudian agar terlihat gaya sedikit, tanyalah kepada audiens, anda akan presentasi menggunakan bahasa apa? Percaya tidak percaya audiens akan tetap memilih bahasa Indonesia. Dan dengan hal ini anda akan terlihat lebih dimata audiens.
Dan pada saat presentasi, ingatlah bahwa ada waktu-waktu dimana audiens sudah mulai hilang konsentrasinya. Naa disinilah tugas anda untuk selalu memberikan hal yang membuat mud audiens kembali, bisa dengan ice breaking.
Jangan lupa untuk selalu mengadakan interaksi kepada pembaca, karena dengan ini si si audiens akan merasa masuk kedalam presentasi anda.
Berikanlah garis – garis tebal jika info yang anda sampaikan itu penting. Jika perlu ulangilah berkali-kali hingga mereka paham.
Saat Penutupan berilah audiens manfaat – manfaat apa sajakah yang mereka dapat, sehingga mereka lebih paham.
Dan yang terakhir jika ada yang bertanya, dekatilah si penanya tersebut. Agar terlihat lebih akrab.
Itulah penjelasan singkat dari saya mengenai TEKNIK PRESENTASI yang MEMBUAT AUDIENS MENCEKAM. Selamat mencoba.

6 komentar:

Ariesty Rafika mengatakan...

masih banyak ketikan yg salah nih ndut.hha
komen blogku juga yaa.
missingslice.blogspot.com

Divky SI ITS mengatakan...

hhahaha.. iyah makasih ya ngeng.. maklum lah masih belajar.

maaf juga kalo jarang komen ato bls.nya lama. modem.ku gk isa dibuat ngomen. harus pake wifi dulu baru bisa. gk asik kan.. hhehe thenks..

Ariesty Rafika mengatakan...

kamu mah bukan jarang komen ndut. ngefollow aja kagak -_-"
looh modemmu kenapa? km pake apa sih? ini berarti lagi wifian dong kalo mau ngepost?

Divky SI ITS mengatakan...

yah mau gmn age... indosat ama XL balak.. gk isa ngoment.. hhe

akbarrv mengatakan...

gambarnya bagus

Divky SI ITS mengatakan...

@egik : pancet ae tingkah.mu..

Posting Komentar

 
;