Senin, 05 Desember 2011

SAPI zaman Globalisasi

SAPI MULTITALENTA


           Sapi Sapi.. moo moo moo..
         Kalau kalian mendengar kata-kata sapi pasti yang ada dalam pikiran kalian Cuma susu, gulai, dan sate. Tahu gak sih ternyata dalam era modern kali ini, sapi mempunyai fungsi yang sangat menakjubkan. Kalau mau tahu lebih jelasnya. Langsung baca aja deh ya..



a.       Penghasil Susu
Yang pertama memang jelas penghasil susu. Beberapa bangsa sapi seperti FH (frisien holstein) merupakan sapi penghasil susu yang disebut sapi perah. Rata-rata menghasilkan susu 20 liter/hari. Di Indonesia sapi perah ini banyak terdapat pengalengan Jawa Barat, Pondok Rangon Jakarta, Purwokerto dan boyolali Jateng.

b.      Tenaga Kerja
Di beberapa daerah di Indonesia banyak dijumpai sapi untuk membajak sawah atau menarik pedati.

c.       Penghasil Pupuk Kandang
Pupuk kandang merupakan dari uasaha sampingan dari pemeliharaan sapi. Secara umum sapi dewasa menghasilkan kotoran 7,5 ton/tahun.

d.      Penentu Status Sosial
Di beberapa daerah seperti Madura dan Nusa Tenggara, jumlah sapi yang dimiliki seseorang menentukan status sosial dalam masyarakatnya.


e.       Penghasil Bahan Baku Industri
Kulit, tanduk, tulang dan darah sapi dari hasil pemotongan merupakan sumber bahan baku industri. Dari kulit sapi menghasilkan aneka model tas, sepatu, jaket dll. Tanduk digunakan sebagai kerajinan. Tulang dan darah diolah menjadi tepung tulang dan tepung darah.

f.       Atraksi Pariwisata
Lomba karapan sapi pada awalnya merupakan sarana kegembiraan masyarakat karena panen berhasil dan sarana hiburan bagi anak-anak pengembala sapi, kini sudah menjadi atraksi wisata yang banyak mendatangkan wisatawan baik domestik maupun manca negara.


g.      Ternak Potong
Ada beberapa jenis sapi yang memang khusus dipelihara untuk digemukkan karena pertumbuhannya cepat dan  kualitas daging baik. Sapi jenis inilah yang akan digunakan untuk sapi potong.

           Ya itu lah sekilas tentang sapi-sapi pada zaman Globalisasi ini, semoga kedepannya sapi-sapi kita bisa lebih bermanfaat lagi. Akhir kata, INI SAPIKU, MANA SAPIMU..






4 komentar:

Aldo K. W mengatakan...

dan... PENYEBAB GL0BAL WARMING TERBESAR.
silahkan googling kalau ga percaya, industri daging adalah penyebabnya. True story.

Divky SI ITS mengatakan...

wahh masak sih dok.?? :O kasian donk

akbarrv mengatakan...

ini sapiku mana sapimu

Divky SI ITS mengatakan...

sapi opo sek.??

Posting Komentar

 
;